ENERGY MANAGEMENT - BY SHALAHUDDIN HASAN

Selasa, 02 November 2010

PEMBANGKIT LISTRIK MICRO, MINI HYDRO & PLTA

Hydro Power Jenis Run off River
Semua jenis pembangkit diatas dikategorikan sebagai Hydro Power Plant Perbedaan antara Mikrohidro, Minihidro dan PLTA adalah output daya yang dihasilkan. Mikrohidro menghasilkan daya lebih rendah dari 100 W, sedangkan untuk minihidro daya keluarannya berkisar antara 100 sampai 10000 W, jadi Pembangkit listrik diatas 10.000 W masuk kategori PLTA. Hydro Power Plant memiliki dua jenis yaitu yang run off river seperti terlihat pada gambar dimana air yang dimanfaatkan memiliki jalur terpisah dengan aliran sungai. Jenis ini banyak digunakan pada mini dan Micro Hydro seperti PLTA Asahan dan sejumlah micro hydro kecil.
Sementara jenis kedua adalah model on river jadi system tenaga air berada pada satu jalur dengan aliran sungai. Contoh run on ini adalah seperti pada PLTA jatiluhur dan Cirata. Secara teknis, Mikrohidro memiliki tiga komponen utama yaitu air (sumber energi), turbin dan generator. Air yang mengalir dengan kapasitas tertentu disalurkan clan ketinggian tertentu menuju rumah instalasi (rumah turbin). Di rumah instalasi air tersebut akan memutar turbin dimana turbinn akan menerima energi air tersebut dan mengubahnya menjadi energi mekanik melalui berputamya poros turbin. Poros yang berputar tersebut kemudian ditransmisikan ke generator dengan mengunakan kopling. generator menghaslikan energi listrik yang akan masuk ke sistem kontrol arus listrik sebelum dialirkan ke rumah-rumah atau keperluan lainnya (beban). Komponen utama Hydropower type Run off river
  1. Bendung
  2. Intake gate
  3. Conneting tunnel
  4. Sand trap
  5. Waterway
  6. Head tank
  7. Penstock
  8. Power house
  9. Turbine generator
  10. Tail race
  11. Switch yard
Bendung, Intake gate dan Connecting tunnel Bendung berfungsi untuk mengumpulkan air yang akan digunakan untuk pembangkit listrik tenaga air. Dari bendungan ini air memasuki pintu masuk intake gate menuju saluran khusus air (connecting tunnel) yang keluar jalur sungai (run off river). Setelah melalui connecting tunnel maka air melewati sluran pembawa (water way) Sandtrap (pengendap pasir) Bak pengendap digunakan untuk memindahkan partikel-partikel pasir dari air. Fungsi dari bak pengendap adalah sangat penting untuk melindungi komponen-komponen berikutnya dari dampak pasir. Waterway Saluran pembawa (water way) atau juga dinamakan head race mengikuti kontur dari sisi bukit untuk menjaga elevasi dari air yang disalurkan dan menjaga energy potensial air tetap pada nilainya. Head Tank (Bak Penenang) Fungsi dari bak penenang adalah untuk mengatur perbedaan keluaran air antara sebuah penstock dan headrace, dan untuk pemisahan akhir kotoran dalam air seperti pasir dan kayu-kayuan. Penstock (Pipa Pesat/Penstock) Penstock adalah penyalur air dari head tank yang akan memutar turbine. Penstock dihubungkan pada sebuah elevasi yang lebih rendah ke sebuah sebuah Turbin Power House dan Tail race Dalam ruangan power house ini berisi peralatan utama pengubah energy potensial air menjadi energy listrik yaitu turbine generator beserta panel-panel listriknya dan system kontrolnya. Setelah memutar turbine air selanjutnya dikembalikan lagi kesungai melalui saluran khusus yang dinamakan tail race. Turbine – Generator Turbine generator berfungsi mengubah energi potensial air yang dijatuhkan melalui penstock menjadi energy listrik. Turbine ini dihubungkan dengan sebuah pulley pada generatornya sehingga sisi air dan listrik tetap terpisah. Untuk mengatur tegangan listrik yang berubah-ubah digunakan AVR (Automatic voltage regulator) pada generatornya. Switch yard Switch yard adalah Trafo pengubah tegangan yang bentuknya terbuka yang terletak di halaman (yard). Pada PLTA Mini Hydro tegangan output generator adalah 6 atau 11 KV. Karena jala-jala transmisi PLN tegangan tinggi berkisar 20 kV, 150 kV atau 250 kV, maka keluaran dari generator ini harus dinaikkan dulu menjadi sesuai kondisi yang ada di lokasi milik PLN.
renewable - reliable- realizable

4 komentar:

Nurseto mengatakan...

Terima kasih.

Cukup informatif.

(Nurseto A)

eky_mzaky@saftaferti.com mengatakan...

Mantap...kreatif dan informatif, untuk membuat pembaca menjadi ingin mengetahui lebih dalam....

kismansya Yrf mengatakan...

cukup informatif tapi sayangnya aku nggak bisa menemukan skema dasar nya..??

Anonim mengatakan...

jumlah motor2 pembantu untuk mutar valve, governing valve atau yang lainnya apa aja ya